Seminar Internasional Bahasa dan Aksara Jawa

  • Berbicara naskah Nusantara tak bisa dilepaskan dari sejarah
    panjang sejarah bangsa dan Nusantara. Bisa dibilang banyak peran para sarjana asing dalam membedah apa yang terkandung dalam naskah-naskah tersebut. Salah satunya adalah Stuart Owen Robson.

  • Prof. Stuart Owen Robson, Ph.D., lahir di Sydney pada 1940, merupakan mahaguru di bidang Jawa Kuno. Ia menyelesaikan studi doktoralnya pada 1971 dengan disertarsi sebuah editi teks Jawa Pertengahan. Selama 40 tahun
    lebih Robson melakukan penelitian di bidang Jawa, Jawa Kuno, dan Melayu klasik. Tak ayal, Robson telah menghasilkan banyak karya penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya bidang filologi. Bukunya berjudul Prinsip-prinsip Filologi Indonesia menjadi salah satu rujukan utama
    para sarjana Tanah Air.

  • Jika dikumpulkan, hasil‐hasil risetnya bisa berjumlah lebih dari 70 judul, baik dalam bentuk monograf, artikel ilmiah maupun kertas kerja.
    Dalam bidang leksikografi, Robson membantu Prof. Dr. Zoetmulder dalam menyusun karya monumentalnya Old‐Javanese–English Dictionary (1982).
    Bersama Singgih Wibisono, beliau juga menyusun kamus bahasa Jawa-Inggris berjudul Javanese-English Dicitionary (2002).
    Robson juga menjadi satu di antara sedikit ahli yang begitu produktif
    menyunting karya-karya agung berbahasa Jawa Kuno dan Jawa Pertengahan.
  • Sabtu-ahad 16 sd 17 november 2019 kami dipercaya perpusnas untuk meramunya dalam sebuah seminar internasional pernaskahan nusantara (bahasa dan aksara jawa). Keynote speaker langsung beliau Prof. Stuart Owen Robson, Ph.D.
  • Kuota terbatas untuk 150 orang silakan menghubungi kontak dalam poster ini. Gratis.