Asjo Ungaran

Sekitar 200 meter dari tempat tinggalku adalah sebuah alun-alun yang lumayan besar dan terpadu lengkap dengan segala fasilitasnya. Ada air mancur yang warna-warni, gedung serbaguna, pusat kuliner, jogging track, skyboard track, panjat tebing, dan panggung permanen. Semua dalam balutan desain masa kolonial. Ada menara pengintai, ada tugu bung karno membawa tongkat sakti, bahkan panggung pun demikian, seolah-olah meurupakan benteng kuno memakai teralis jeruji besi.

ASJO

Alun-alun Bung Karno Ungaran namanya, namun sebagian orang lebih familiar dengan sebutan ASJO (Asmara Jowo). Kisah singkatnya, dulu pusat keramaian kota Ungaran ada di sepanjang jalan asmara (jl Ayani). Semua pedagang dan aktifitas-aktifitas masyarakat tumplek blek di sepanjang jalan itu. Terutama di depan masjid agung yang berhadapan persis dengan rumah dinas bupati. Terlalu krodit karena aktifitas pemerintahan, keagamaan, olahraga, kesenian dsb terpusat di titik ini dan setiap kali ada acara dipastikan macet. Kemudian pemerintah mengakmodir itu semua dan dipindahlah ke kalirejo ungaran yang tak jauh dari tempat itu (1km). Biasa, awalnya berbelit karena masyarakat tak mau pindah merasa sudah nyaman. Sehingga muncul ‘satire’ bahwa disana itu asmaranya jowo, disingkat ASJO. Lama kelamaan masyarakat move on sendiri..Mungkin seperti itu kisahnya.

PASAR SENGGOL

Kini tempat itu tak pernah sepi pengunjung mulai dari pagi, siang hingga malam. Jadwal acara dari kapitalis pun kian padat termasuk beberapa artis beken nasional yang pernah manggung disitu seperti Via Vallen, Ari Lasso, Didi Kempot, dll.

Dan yang kusuka adalah rutinitas Pasar Senggol setiap hari Minggu pagi. Datang kesitu sebentar bisa melepas penat setelah sepekan melakukan kegiatan. Bisa jogging, senam zumba, lihat satwa, lihat berbagai atraksi, ketemu teman, ketemu mantan, dan dapat kenalan/senggolan. Dan ini yang jangan sampai pernah terlewatkan adalah sarapan gendar pecel pelas. Puluhan bakul menjajakan makanan ini dengan tempat yang seadanya, lesehan. Komunitas-komunitas saling berlomba menunjukkan eksistensinya merebut hati khalayak. Eh,, bagi yang suka baca disitu juga ada perpustakaan keliling. Padat, merayap, berhimpitan dengan sesama pemgunjung yang rata rata belum mandi. Kalau ketemu teman nggak berani beraruh sapa, hanya mengangguk saja itu pertanda nggak gosok gigi. Ha ha …

Jangan emosi jika ber-SENGGOLan dengan pengunjung lain, sapalah dengan akrab agar tambah paseduluran. Tapi juga hati-hati jangan terlalu ganjen dan kenes.

LAGU

Tergerak hasrat ini untuk memadukan dalam untaian nada dan lirik melihat sisi-sisi Asjo Ungaran. Ternyata memang sesuai dengan namanya, Alun-alun Asmara Jawa tak jauh dengan cerita-cerita asmara dahana. Yah berkali-kali ku melihatnya dari pagi anak sekolah hingga siang dan sore bahkan hingga larut malam banyak yang bercengkerama menyatakan cinta. Bahkan kadang ada yang kecewa seperti drama, pilih pulang cari yang lain. Kok tahu? Iya saya pernah muda.

Begini lirik itu :

Neng kene dhewe kenale, 
jalaran pasar senggole
Aku, …  wes ngrasakke jajanane
Gendare …  ro gembuse … lan apeme … 
Bakule  pepak ayune ora sepele
 
Kowe njalari atiku, 
kesengsem marang polahmu
Aku, … kejebak neng njeromu
Saiki, … kwe mblenjani … malah nglarani … 
neng Asjo Ungaran pegunungan asri
 
 
Reff.
Mnara kembar,  … iki
Sing wus dadi seksi
Ambruk siji mergo tak tangisi
 
Tongkat Sakti, … kae
Bung Karno nudhinge
mBukak dalan liyoku,  to tol kene

Kupersembahkan untuk kotaku yang sebentar lagi akan ulang tahun di Maret 2020 besok katanya, saya nggak tahu pastinya. Semoga bisa mengangkat kota kecilku ini untuk banyak dikenal. Teringat kata-kata Ari Lasso saat konser di kota ungaran begini : “Saya baru tahu kalau ada kota kecil yang sejuk asri disini, dan begitu indah” katanya sambil menyuruh penonton menyalakan flash HP untuk diupload di IG nya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s