Natal

Tak terdengar lagi lagu itu
=====================

Yang kualami sejak kecil, natal adalah suka cita yang tak tertandingi. (Maaf jk salah). Gegap gempita musik, gemerlap warna warni lampu, baju baru, libur panjang, makanan mewah, banyak teman melek sampe pagi, tukar kado, banyak panggung hiburan, dpt uang saku banyak dll yg tak seperti malam biasanya.

Penantian dan kerinduan setahun terbayar di malam itu. Dengan memegahkan ordinarium khas natal, pustardos. Setelah itu pergi ke entah kemana pake baju/sarung baru bersama teman mencari penghangat tubuh, tape ketan, rica2, bir kadar 0.5% ataupun bakar2an sampah utk melawan hawa dingin didesaku.

Semua jadi raja semua jadi ratu semalam bak tak ada tandingan. Dengan gaya dan suasana khas kampungku. Hampir semua pintu rumah terbuka hingga jelang pagi. Mereka menjaring sebanyak2nya tamu berkunjung dengan menggelar makanan toples diatas meja. Wujud sedekah mereka, tumpi, widaran, opak, mbang goyang, sengkolon, semua disuguhkan. Hanya bermodal uluk salam : “sugeng natal” kami sudah mengakses semua hidangan itu.

Hymne malaikat menggema di mana mana, Gloria in excelsis deo, seolah itu mjd bahasa kami krn mendarah daging yang ku tak tahu artinya, yang penting bersukacita. Dan ternyata seantero jagad juga merayakannya.

Tapi kini tak terdengar lagi lagu2 itu #pada_diriku. Kutahu diri harus selalu pergi sebelum hari itu tiba. Walau sejatinya setiap tahun masih selalu kurindukan moment yang sejak kecil terpatri itu.

Tetap bersyukur selow, kumasih bisa berkarya, setiap sebelum kuberkelana ‘nggemblung’. Kerinduan natal yang kunyatakan dalam karya, tak sekedar kata2 dan berdiam diri.

Tahun ini kuberkarya atas antah berantah sampah yang tak terpakai.
• Bekas barang elektronik yang kami jadikan pohon natal.
• Botol minuman warna warni yang juga sbg pohon natal.
• Bekas palet untuk panggung natalan.

Pernah setahun yang lalu pohon natal raksasa terbuat dari kain bekas.

Sekarang hanya sayup terdengar : “… santi ratri … ndalu adi …” merongrong kalbu yang terdalam tak pernah bisa terucap. Suara gak jelas, gambar pun kabur lagi.
https://youtu.be/bbgfRPQY45w

Selamat natal sauda2raku semua.

Untuk para korban gempa banten lampung, semoga segera diusaikan cobaan ini dan lekas beraktifitas kembali.
#buntungsuwung

#lereng_gunung_agung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s