susuku galon dan air aki

Baru saja sungkem via online kepada mak’e (ibundaku) yang sedang berada di kota Medan sana. Baru sepatah kata “halo!” sudah dihujani ratusan frase wejangan, rumpian, kangenan, gosip, dan bla bla bla … ora karuan genahe. Tak bisa kuputus sedikit pun atau barangkali hpku nokia biru yang jadul sehingga kalah sinyal gak bisa ngejam (bhs breaker). Bersyukur … ibuk sehat ….

Ada satu cerita yg membuatku haru :
“Deh, dideh … (sapaan ibukku kpdku), dulu saat kamu lahir Bapakmu nggak ada di rumah. Ceritanya begini, … sore sepulang ‘nyelepke gabah’ (nggiling padi) ibu kecapekkan terus tidur. Karena ibu pernah melahirkan kakakmu 2 kali, maka ibu sudah hafal tanda2 menjelang kehadiran jabang bayi. Begitu terasa, … ibu langsung nggelar tikar sendiri di kamar beserta jarit juga ember yg sudah siap. Ibu hanya sendirian lahirkan kamu nak.
Setelah kamu lahir … ceprol … terdengar jeritan oek .. oek …, baru ada simbahmu mujiyati yoto yang datang kemudian ibu suruh panggilkan mbah Karmi. Oleh mbah karmi di pijat agar ari2nya keluar. Sertelah itu disusul dukun bayi namanya mbah gimah dan tetangga2 mendekat. Mbah Gimahlah yang motong ari2mu tapi pake welat (bambu) nggak pakai gunting stainless spt jaman sekarang. … ”

Kutertegun diam walaupun entah kapan waktu itu sudah pernah diceritakan tentang hal itu. Perlu diketahui … (jika ingin tau saja) … bahwa aku anak ke-3 dari Lima lelaki Bersudara (PANDAWA LIMA). Jadi bolehlah aku dipanggil Janoko.

Aku dan Emakku saling terdiam sejenak … masih belum puas ibuk melanjutkan ceritanya : “Kamu minum ASI nya banyak sekali, namun karena ibu harus kerja, terpaksa disapeh (dilepas) saat umur 3 bulan. Kamu dirumah sama Mbah Raolah dan Mbah Yoto. Karena minummu banyak sekali, bapakmu memakai bekas botol air aki untuk dot mu agar besar nak nak.”

Aku tertawa terpingkal. Andai jaman itu sudah ada galon air mineral, mungkin galon itu sebagai dot ku.

Terima kasih mak.

buntungsuwung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s