Maafku

Sobat, kuyakin, diluar sana, didalam sini bahkan mungkin saudara dekat ataupun jauh atau bisa jadi panjenengan adalah bagian dari hatersku. Menjadi haters mungkin atas lakuku.

Lebih dari separuh umur kulalui, teman datang dan pergi. Mereka kecewa, kesal, iri, dll. Tak terhitung berapa puluh, atau bahkan ratusan terus bertambah sejalan dengan panjang usiaku. Ingin sekali silaturahmi kembali mewarnai dalam kita berelasi. Meski lebaran masih jauh, namun tak kuasa hati ini mengajak berekonsiliasi. Dengan siapa dan dengan peristiwa apapun.

Semua berkait paut dengan sifat bawaan yang kalau boleh aku pun tak menginginkanya. Aku cukup tau diri bahwa kata maaf pun tak cukup menghapus luka atas apa yang kuperbuat. Siapa diantara kalian yang merasa sempurna, tak punya salah? Lemparlah aku dengan batu itu! bukan bermaksud membela diri dengan peristiwa ketika Yesus menolong wanita pezina, “Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu”. Tapi benar kawan. Jika memang dengan melakukan akan membuat kamu kalian terbebas dari belenggu itu, silakan. Namun habis itu, mari kita kembali bercengkerama dengan ditemani kopi buatanku. Sengaja akan kubuatkan kopi pahit, karena manisnya sudah tergantikan kerelaanmu memaafkanku.

Sekarang kita masih diijinkan menghirup udara bersama bisa menikmati cahaya, cepat atau lambat kita akan karam dalam kegelapan bersatu dalam tanah. Akankah sampai uzur kita dalam pertengkaran? Atau bahkan akan kita bawa dalam liang lahat?

Perlukah kubersimpuh sedeku melututi kakimu? Kalaupun kalau kamu belum mau, tak apa sobat. Memang semua harus diperjuangkan hingga happy ending. Sambil menunggu kelanjutan hubungan Minke yang ditinggal Annelies. Semoga hanya sementara.

***
Refleksi diri dlm kesuwungan semalam setelah si ragil curhat, terisak tangis ingat eyang putrinya : “Pak, aku 3 hari mimpi mbah putri terus, aku jadi kangen”
Paginya pergi ke pasar beli bunga untuk ke makam nyekar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s