Bakul Sayur Lek Tukini

Setiap jam 9.00 pagi saat aku di rumah kudengar panggilan dgn nada melengking : “Maning, … maning … blonjo dek …” (panggilan kepada emakku)

Kulihat ternyata Bu Tukini, si penjual jajanan dan sayuran ‘mbrengkut’ dengan bawaan gendongannya.

Sesaat kemudian emakku yang sedang beraktivitas jahit yang duduk bersebelahan dengan ayahku spontan berhenti mengayuh mesin jahit itu. Emak beranjak keluar menemui Bu Tukini tersebut.

Ayah berpesan : “Aku masakno sayur jubleg” pintanya.

Selanjutnya diikuti eyang putri dan juga aku berlari menujunya.

“Aku minta lopis kapur” teriakku.

Diluar sudah ada bu Trimah dan bu Kustiyah karyawan kamaltex waktu itu yang kini mereka besanan sudah berdandan rapi. Ada mbah Markini juragan gabah dengan kebaya jarit dan mulut bersusur dan disusul mbah Ngusni dengan kaki yang masih berlumpur lendhut sepulang dari sawah. Mereka hanyut dalam rumpian kabar2 ada yang benar dan ada yang tidak. Tiba2 bu mini yang pulang dari ladang menggendong singkong bergabung meramaikan walau kaki gedibal tanah. Begitulah suasana pasar jual beli rumahan 30 tahunan silam. Riuh dan bersahabat.

“Bu, sudah belum!!” teriak ayahku memecah kerumunan mereka yang akhirnya kembali fokus ke belanjaanya.

Ada yang beli nasi jagung, jajanN cethil, paket sayur sop, ikan keranjang, tempe gembus, rebung dan lain2. Kecuali ayam, harga daging ayam saat itu tak terjangkau oleh kami. Mereka berjibaku dalam proses tawar menawar.

Kuamati memang bu Tukini jago dalam komunikasi marketing. Mereka semua kalah telak dalam penawaranya. Pada akhirnya semua akan belanja.

Hari ini aku ke lapangan kalirejo ungaran. Semua jajanan bu Tukini kujumpai disini, dan masih dalam suasana bersahabat. Teringat tempoe doeloe. Fenomenal. Memang top bu Tukini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s